Thursday 1 February 2018

Tanaman Oleander dan racun yang berbahaya.


Mempunyai nama ilmiah Nerium Oleander. Tanaman satu ini sering kali kita temui di jalanan umum maupun di halaman rumah. Sering juga disebut dengan nama bunga Jepun atau bunga mentega. Tanaman ini berasal dari Afrika Utara, timur Mediterania dan Asia Tenggara. Dan warnanya umumnya pink. Walaupun sebenarnya Oleander terdapat beberapa varian warna yaitu putih, pink, merah dan kuning. Dan beberapa varietas ada yang bunganya berbau harum.

Tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh tegak dengan ketinggian bisa mencapai 2-6 meter. Beberapa ada juga yang menanamnya di pot dan membuat tanaman ini menjadi lebih pendek namun tetap bisa berbunga. Karena itulah banyak juga yang menanamnya dipekarangan rumah. Saya sendiri tidak menanam Oleander ya, jadi foto ini hasil jepretan dari rumah orang hehee...

Dibalik pesona bunganya yang cantik tanaman Oleander mengandung unsur beracun yang bisa ditemui diseluruh bagian tanaman, baik yang sudah kering maupun tanaman yang masih fresh. Dan akibat dari keracunan tanaman inipun cukup serius dari keluhan sedang hingga parah atau fatal. Seperti mulai dari ruam kulit, gangguan penglihatan, diare, mual, sakit perut, muntah, kehilangan nafsu makan, detak jantung tidak teratur atau melambat, tekanan darah rendah, pusing, sakit kepala, pingsan, depresi, mengantuk, dan lesu. Gejala seperti depresi, kehilangan nafsu makan, dan lingkaran cahaya dalam penglihatan biasanya hanya terjadi pada kasus keracunan kronis atau parah. Jadi tanaman Oleander ini merupakan tanaman beracun yang jika kita menelan bagian kecil dari tanaman ini saja bisa mengakibatkan kita mengalami gejala keracunan.

Jika mau memangkas tanaman Oleander disarankan jangan membakar tanaman ini karena asap yang ditumbulkan dari membakar tanaman inipun dapat mempengaruhi makhluk hidup yang menghirup asapnya. Sebaiknya sisa pemangkasan dimasukan plastik dan dibuang dengan benar, jangan tambahkan pada tumpukan kompos kalian ya. 

1 comment:

  1. ayo bagi yg suka maen judi ayam on line s128 sabung ayam
    di bolavita tempat nya banyak sekali bonus2 menarik
    dan game2 on line terlengakap se indonesia
    dengan pelayanan 24 jam yg sangat ramah

    ayo segera daftar dan buktikan sendiri
    info lbh lanjut:

    whatup : +62812-2222-995

    ReplyDelete